Manfaat Pepaya Untuk Penyakit Asam Lambung

3 Okt

Manfaat Pepaya Untuk Penyakit Asam Lambung,- Pepaya memiliki nama latin Carica papaya L. yaitu tanaman buah yang berasal dari famili Caricaceae. Tanaman ini biasanya dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis.

Manfaat Pepaya Untuk Penyakit Asam Lambung

Pepaya berasal dari Meksiko bagian Selatan dan bagian Utara dari Amerika Selatan, namun kini tanaman ini telah menyebar luas ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Pepaya adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat yang terkenal dari tanaman ini yaitu untuk menguatkan sistem imun, menyehatkan tulang, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit jantung, mencegah degenarasi makula, mencegah penyakit asma, dan mengurangi berat badan. Namun selain itu, pepaya juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya yaitu penyakit asam lambung.

Manfaat Pepaya Untuk Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit lambung yang umum terjadi di negara Indonesia. Penyakit ini yaitu suatu kondisi dimana naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan) sehingga menimbulkan nyeri pada ulu hati seperti terasa terbakar di dada. Penyakit asam lambung pada umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang kuran sehat, seperti :

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak – makanan berlemak memerlukan waktu pencernaan lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang di produksi akan lebih banyak dan risikonya adalah naik kembali ke esofagus.
  • Sering mengkonsumsi minuman keras – Minuman keras memiliki kandungan alkohol. Dimana kandungan tersebut dapat merusak organ dalam tubuh, dan salah satunya adalah lambung.
  • Kebiasaan merokok – Rokok memiliki kandungan nikotin. Dimana nikotin ini adalah zat yang sangat berbahaya, sama halnya dengan alkohol, nikotin juga dapat menyebabkan organ di dalam tubuh menjadi rusak, termasuk lambung. Selain dapat menyebabkan penyakit asam lambung, nikotin juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker lambung.

Itulah beberapa penyebab terjadinya penyakit asam lambung. Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya penyakit asam lambung, maka jalankanlah gaya hidup yang sehat, seperti : selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak mengkonsumsi minuman keras, serta tidak merokok.

Nah, bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit asam lambung, makanan merupakan hal utama yang harus anda perhatikan, sebab tidak semua makanan dapat anda konsumsi, sebab beberapa jenis diantaranya ada yang dapat membuat kondisi penyakit asam lambung anda semakin memburuk. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang bagus untuk penderita asam lambung, seperti mentimun. Dimana manfaat mentimun untuk asam lambung tidak perlu untuk di ragukan lagi.

Selain mentimun, makanan lain yang bagus untuk penderita penyakit asam lambung yaitu adalah pepaya. Dimana buah pepaya ini juga dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan kalium yang dapat menyeimbankan pH (derajat keasaman) di dalam lambung.

Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan enzim papain. Dimana kandungan enzim papain ini memiliki manfaat untuk mengontrol produksi asam lambung yang ada di dalam lambung sehingga tidak berlebihan dan tidak naik ke esofagus. Buah pepaya juga sangat kaya akan kandungan serat. Dimana kandungan serat ini memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Maka dari itu, bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit asam lambung, rajinlah untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Seperti kita ketahui, jika kandungan yang terdapat pada buah pepaya ini dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung.

Cara Mendapatkan Manfaat Pepaya Untuk Penyakit Asam Lambung

Untuk mendapatkan manfaat buah pepaya untuk penyakit asam lambung, Anda cukup mengkonsumsi buah pepaya setiap hari secara rutin dan teratur. Namun, selain mengkonsumsinya secara langsung, anda juga bisa mengolah pepaya menjadi menjadi minuman yang menyegarkan. Berikut kami beritahukan cara pembuatannya :

  • Siapkan buah pepaya yang masih segar
  • Lalu kupas kulitnya dan pisahkan dari bijinya
  • Setelah itu, lalu potong-potong buah pepaya menjadi beberapa bagian
  • Setelah di potong-potong, kemudian masukkan ke dalam blender
  • Setelah di masukkan, kemudian blender sampai halus
  • Setelah selesai, lalu masukkan ke dalam gelas

Mungkin itulah cara mengolah pepaya untuk penyakit asam lambung. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.