Manfaat Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Maag

8 Okt

Manfaat Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Maag,- Pegagan memiliki nama latin Centella asiatica yaitu tanaman liar yang tergolong ke dalam keluarga Mackinlayaceae. Tanaman ini biasanya banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah.

Tanaman pegagan berasal dari daerah Asia tropik, yang kemudian menyebar ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, India, Jepang, Asutralia, Republik Rakyat Tiongkok, dan negara yang lainnya. Di Indonesia, tanaman pegagan memiliki banyak nama, diantaranya yaitu seperti Peugaga (Aceh), Bebele (Lombok) serta Antanan (Sunda).

Pegagan merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dalam bidang pengobatan. Manfaat yang terkenal dari tanaman pegagan ini yaitu dapat mengobati penyakit kulit, gangguan saraf, serta memperbaiki peredaran darah. Tetapi selain itu, pegagan juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit lambung, salah satunya yaitu penyakit maag.

Manfaat Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Maag

Mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi mendengar nama penyakit maag. Hal ini dikarenakan penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Penyakit maag adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada lambung. Dimana kondisi tersebut menyebabkan rasa nyeri atau perih pada perut.

Penyebab utama terjadinya penyakit maag adalah infeksi bakteri H.pylori. Dimana bakteri H.pylori ini adalah salah satu jenis bakteri yang sering menyerang lambung dan mengiritasi lambung sehingga membuat peradangan pada lambung. Tetapi selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti :

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Sering telat makan
  • Jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Sering mengkonsumsi minuman keras
  • Kebiasaan merokok

Mungkin itulah beberapa gaya hidup yang kurang sehat yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Maka dari itu, jika ingin terhindar dari penyakit maag, maka ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti : menjaga pola makan, makan tepat waktu, rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, tidak mengkonsumsi minuman keras, serta tidak merokok.

Sedangkan bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, hal utama yang harus anda lakukan adalah menjaga asupan makanan. Sebab tidak semua makanan baik untuk penderita maag, karena ada beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk kondisi penyakit maag anda. Maka dari itu, makanlah makanan yang bagus untuk penderita maag, seperti pisang, mentimun, dan labu siam.

Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas, penderita penyakit maag juga harus segera mengatasi penyakitnya. Sebab penyakit maag yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, yaitu dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker lambung.

Nah, salah satu pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit maag adalah dengan tanaman herbal. Memang selama ini pengobatan yang umum untuk penyakit maag adalah obat-obatan yang mengandung antasida, dan obat-obatan tersebut cukup efektif untuk mengatasi penyakit maag. Akan tetapi obat-obatan tersebut memiliki banyak risiko, dan beberapa risiko diantanya yaitu : menyebabkan gangguan ginjal, diare, sembelit, dan lain-lain.

Maka dari itu salah satu pengobatan terbaik untuk penyakit maag yaitu dengan menggunakan tanaman herbal, seperti lidah buaya. Dimana manfaat lidah buaya untuk mengobati penyakit maag sudah sudah terbukti secara klinis. Selain lidah buaya, tanaman herbal lainnya yang dapat mengatasi penyakit maag yaitu pegagan.

Menurut hasil penelitian, tanaman pegagan memiliki kandungan senyawa yang dapat melawan peradangan pada lambung, seperti brahmoside, brahminoside, titerpenoid dan asiaticoside. Kandungan senyawa tersebut juga dapat membunuh bakteri H.pylori yang menjadi penyebab utama penyakit maag. Dengan terbunuhnya bakteri tersebut maka penyakit maag akan menjadi sembuh. Nah bagi anda yang ingin mengobati penyakit maag dengan tanaman pegagan berikut kami beritahukan cara pembuatan ramuannya.

Cara Membuat Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Maag

Bahan-bahan :

  • Siapkan 5 gram pegagan
  • 1 gram pupus pepaya
  • 7 gram adas
  • 3 gram jinten
  • 5 gram kencur yang sudah di parut
  • 5 gram daun pooh
  • 2 gram ketumbar
  • 10 gram valerian
  • 500 ml air

Cara pembuatan :

  • Cuci semua bahan diatas dengan air bersih
  • Setelah itu, lalu rebus semua bahan-bahan dengan air 500ml
  • Kemudian tunggu hingga mendidih
  • Setelah selesai, lalu tuangkan ke dalam gelas

Mungkin itulah cara membuat ramuan pegagan untuk mengobati penyakit maag. Selamat mencobanya

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.