Manfaat Meniran Untuk Penyakit Maag

20 Jan

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Maag,- Siapa yang tidak kenal dengan meniran ? Sepertinya kita semua pasti kenal dan tahu dengan tanaman yang satu ini. Secara tanaman meniran ini merupakan salah satu tanaman yang cukup terkenal di Indonesia.

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Maag

Nah, berbicara soal meniran, apa kalian tahu asal usul dari tanaman meniran ini ? Nah, bagi anda yang tidak tahu, meniran adalah tanaman yang berasal dari suku Phyllanthaceae. Tanaman ini diperkirakan berasal dari benua asia, yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Meniran termasuk tanaman herbal, karena tanaman ini sering di manfaatkan sebagai tanaman obat, karena dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti penyakit kuning, ayan, dan DBD.

Tetapi selain itu, tanaman meniran juga ternyata dapat membantu mengobati penyakit lambung, salah satunya adalah penyakit maag. Apa benar meniran dapat mengobati penyakit maag ? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit lambung yang umum terjadi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Berikut ini adalah beberapa gejala dari penyakit maag :

  • Nyeri/perih pada perut
  • Sering bersendawa
  • Perut kembung
  • Sering merasa mual/ingin muntah
  • Nyeri pada ulu hati

Penyakit maag pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri h.pylori adalah nama bakteri menyebabkan terjadinya penyakit maag. Meski begitu, tetapi penyakit maag juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti :

  • Sering mengkonsumsi minuman keras
    Penyakit maag juga dapat terjadi pada seseorang yang suka mengkonsumsi minuman keras. Seperti kita tahu, minuman keras mengandung alkohol yang dapat merusak organ dalam tubuh, seperti lambung. Maka dari tak heran, jika sering mengkonsumsi minuman keras membuat seseorang terkena penyakit maag.
  • Sering merokok
    Sering merokok juga dapat memicu terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat mengakibatkan lambung menjadi rusak. Bukan hanya dapat menyebabkan penyakit maag, sering merokok juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker lambung.

Baca Juga : Beberapa Makanan Yang Kurang Baik Untuk Mata

  • Kurang menjaga pola makan
    Kurang menjaga pola makan juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit maag. Sama halnya dengan sering mengkonsumsi alkohol dan sering merokok, kurang menjaga pola makan juga dapat mengakibatkan lambung menjadi rusak. Maka dari itu, tak heran jika kurang menjaga pola makan dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag.
  • Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
    Penyakit maag juga dapat terjadi karena kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini dikarenakan kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran mengakibatkan lambung menjadi kekurangan asupan vitamin dan nutrisi, Dengan begitu, bakteri akan dengan mudah menyerang dan mengiritasi lambung.

Mungkin itulah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Maka dari itu, bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit maag, maka hindarilah beberapa faktor diatas.

Nah, sedangkan bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, sangat penting untuk anda segera mengatasi penyakit maag anda. Hal ini dikarenakan jika penyakit maag dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kanker lambung. Maka dari itu, jika menderita penyakit maag, jangan dibiarkan begitu saja, tetapi harus diatasi secepat mungkin.

Nah, untuk mengatasi penyakit maag, obat-obatan antasida merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Obat-obatan tersebut memang terbukti cukup efektif dalam mengatasi penyakit maag. Namun sayangnya obat-obatan tersebut memiliki banyak efek samping, seperti dapat menyebabkan gangguan ginjal, dehidrasi, diare, dll.

Maka dari itu, sebaiknya jika ingin mengatasi penyakit maag, menggunakan cara yang alami. Nah, salah satu cara yang alami untuk mengatasi penyakit maag adalah dengan meniran. Tanaman ini memiliki kandungan anti-inflmasi yang dapat melawan peradangan pada lambung. Dengan begitu, maka penyakit maag dapat teratasi. Nah, untuk mengatasi penyakit maag dengan menggunakan meniran caranya yaitu :

  • Siapkan daun meniran
  • Lalu cuci dengan air bersih
  • Setelah itu, kemudian rebus dengan air secukupnya
  • Lalu tunggu hingga mendidih
  • Setelah mendidih, kemudian saring air rebusan ke dalam gelas
  • Lalu tunggu hingga air rebusan hangat kuku
  • Setelah itu, kemudian langsung di minum

Mungkin itulah cara mengatasi penyakit maag dengan menggunakan meniran. Nah, bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit maag, Anda bisa mencobanya.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.