Manfaat Meniran Untuk Penyakit Asam Lambung

By | 28/10/2016

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Asam Lambung,- Meniran memiliki nama latin Phyllanthus urinaria yaitu tanaman yang tergolong ke dalam suku Phyllanthaceae. Tanaman ini memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm.

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Asam Lambung

Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah.

Meniran umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur di tempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Senyawa kimia yang terkandung di dalam tubuh meniran adalah zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak. Tanaman ini dapat digunakan untuk obat penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan dan malaria.

Selain dapat di gunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit diatas, meniran juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit lambung, salah satunya adalah penyakit asam lambung. Apakah benar meniran dapat mengatasi penyakit asam lambung ? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Meniran Untuk Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati seperti terasa terbakar di dada.

Penyakit asam lambung pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu :

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak – Makanan yang berlemak memerlukan waktu pencernaan yang lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang di produksi akan lebih banyak dan risikonya adalah naik kembali ke kerongkongan.
  • Terlalu banyak minum kopi – Kopi memiliki kandungan kafein. Kandungan tersebut jika di konsumsi secara berlebihan dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.
  • Sering mengkonsumsi minuman keras – Minuman keras biasanya mengandung alkohol yang cukup tinggi. Maka dari itu, jika sering mengkonsumsi minuman keras maka dapat mengakibatkan terjadinya penyakit asam lambung, karena kandungan alkohol pada minuman keras dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik.
  • Kebiasaan merokok – Di dalam rokok terdapat zat yang sangat berbahaya untuk tubuh, zat tersebut ialah nikotin. Zat tersebut dapat merusak organ di dalam tubuh, termasuk lambung. Selain menyebabkan penyakit asam lambung, nikotin juga dapat menyebabkan kanker lambung.

Itulah beberapa faktor gaya hidup yang tidak sehat yang menjadi penyebab umum dari penyakit asam lambung. Maka dari itu, jika ingn terhindar dari penyakit asam lambung, maka jalankanlah gaya hidup yang sehat.

Baca juga : Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

Nah, bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag. Penting untuk mereja segera mengatasi penyakitnya. Memang penyakit asam lambung bukan tergolong penyakit yang berbahaya. Namun jika penyakit ini dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan suatu masalah kesehatan yang kronis. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini.

Untuk pengobatan penyakit asam lambung, biasanya menggunakan obat-obatan yang mengandung zat antasida. Memang obat-obatan tersebut cukup membantu penderita penyakit asam lambung. Namun jika obat tersebut di konsumsi dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan suatu masalah kesehatan seperti terjadinya penyakit gangguan ginjal (seperti penyakit gagal ginjal) dan gangguan perut (seperti sembelit dan diare).

Maka dari itu, pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah dengan menggunakan tanaman herbal. Nah, salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah meniran.

Tanaman ini memiliki kandungan alami yang dapat menetralisir asam lambung yang berlebih. Selain itu meniran juga memiliki manfaat untuk mengontrol kadar asam lambung secara alami. Untuk mendapatkan manfaat meniran untuk mengatasi penyakit asam lambung, caranya yaitu :

  • Siapkan meniran yang baru di petik
  • Lalu, cuci dengan air bersih
  • Setelah itu, rebus dengan air secukupnya
  • Kemudian tunggu hingga matang
  • Setelah selesai, saring air rebusan ke dalam gelas
  • Tambahkan sedikit madu, lalu aduk hingga rata

Itulah cara membuat ramuan dari meniran untuk mengatasi penyakit asam lambung. Minumlah ramuan tersebut secara berkala.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.