Manfaat Labu Siam Untuk Penyakit Maag

2 Nov

Manfaat Labu Siam Untuk Penyakit Maag,- Labu siam memiliki nama latin Sechium edule yaitu tanaman yang berasal dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman ini biasanya tumbuh merambat di tanah atau memanjat. Labu siam termasuk ke dalam sayur-sayuran.

Manfaat Labu Siam Untuk Penyakit Maag

Labu siam biasanya diolah dengan cara di rebus atau menjadikannya sebagai campuran sayur benis dan sayur bobor. Selain memiliki rasa yang enak di olah menjadi berbagai masakan, labu siam juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu : mencegah penyakit kanker, mencegah hipertensi, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, mencegah penyakit stroke, menurunkan kolesterol, serta mengatasi batu ginjal.

Selain memiliki beberapa manfaat diatas, labu siam juga terkenal memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pada lambung, seperti mengatasi sembelit dan perut kembung. Bukan hanya itu, labu kuning juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit lambung, salah satunya adalah penyakit maag. Apakah itu benar ? Nah, untuk mengetahui jawabannya, maka simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Labu Siam Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering di alami oleh penduduk Indonesia. Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengalami gejala :

  • Nyeri atau perih pada perut
  • Mual
  • Muntah
  • Perut kembung
  • Sering bersendawa
  • Nyeri pada ulu hati

Itulah beberapa gejala dari penyakit maag. Penyakit maag pada umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti : pola makan yang tidak teratur, kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, sering mengkonsumsi alkohol, serta kebiasaan merokok.

Penyakit maag merupakan penyakit yang membuat si penderitanya tersiksa, maka dari jika ingin terhindar dari penyakit maag maka jalankanlah gaya hidup yang sehat. Nah, sedangkan bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, makanan merupakan hal utama yang harus di perhatikan, sebab tidak semua makanan dapat di konsumsi oleh penderita maag.

Karena beberapa diantaranya ada yang dapat memperburuk kondisi penyakit maag. Selain memperhatikan asupan makanan, penderita penyakit maag harus segera mengatasi penyakitnya. Hal ini dikarenakan penyakit maag yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan suatu masalah kesehatan yang serius.

Nah, berbicara soal cara mengatasi penyakit maag, biasanya penyakit ini diatasi dengan obat-obatan yang mengandung zat antasida. Obat-obatan tersebut memang terbilang cukup efektif dalam mengatasi penyakit maag. Namun obat-obatan tersebut memiliki banyak risiko efek samping, salah satunya yaitu terjadinya gangguan ginjal (penyakit gagal ginjal).

Oleh karena itu, cara mengatasi penyakit maag yang terbaik adalah dengan menggunakan tanaman alami. Hal ini dikarenakan tanaman alami tidak memiliki risiko efek samping sehingga aman. Nah, salah satu tanaman yang digunakan untuk mengatasi penyakit maag adalah tanaman kemangi.

Dimana manfaat kemangi untuk mengatasi penyakit maag sudah terbukti secara klinis karena memiliki kandungan yang dapat meredakan gejala penyakit maag secara alami. Selain tanaman kemangi, tanaman lainnya yang dapat mengatasi penyakit maag adalah labu siam. Di dalam labu siam juga terdapat kandungam yang dapat meredakan gejala penyakit maag seperti mual, perut terasa sakit, dan perut kembung.

Nah, untuk cara mengatasi penyakit maag dengan labu siam caranya yaitu siapkan labu siam yang usianya sedang dan besarnya juga sedang. Setelah itu cuci dengan air bersih, lalu di parut. Setelah selesai di parut, kemudian tuangkan air putih sepertiga gelas (50cc) ke dalam parutan labu siam, lalu saring airnya dan minum sesudah sarapan pagi.

Jarak untuk meminum air parutan labu siam tersebut di usahakan 1 jam sesudah makan. Hal ini penting di lakukan. Karena jika tidak di beri jarak, maka perut akan terasa penuh. Lakukan ini 3 hari berturut-turut di pagi hari 1 jam sesudah makan.

Selain menjadikannya minuman, cara memanfaatkan labu siam untuk mengatasi penyakit maag juga bisa dengan cara mengolahnya menjadi nasi tim, caranya yaitu ambil beras dua genggam, cuci bersih, letakkan dalam rantang stenless, lalu beri air seukuran 2 ruas jari telunjuk.

Rantang yang sudah diberi air ini direbus didalam panci yang ukurannya lebih besar dari ukuran rantang. Dandang beri air secukupnya. Jika ketika diorebus nasi tim belum masak dan air dalam dandang sudah hampir habis, tinggal ditambah saja secukupnya, tunggu hingga nasi tim masak. Setelah masak, lalu makan nasi tim secara teratur.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.