Manfaat Gandum Untuk Penyakit Maag

11 Jan

Manfaat Gandum Untuk Penyakit Maag,- Gandum memiliki nama latin Triticum spp yaitu sekelompok tanaman dari suku padi-padian. Tanaman ini di perkiran berasal dari daerah sekitar Turki, Irak, dan Iran, yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Manfaat Gandum Untuk Penyakit Maag

Gandum sangat kaya akan kandungan karbohidrat. Maka dari itu, mengapa bagi sebagian negara gandum di jadikan sebagai bahan pangan pokok. Nah, berbicara soal gandum, apa kalian tahu, apa saja manfaat dari gandum ? Nah, bagi anda yang belum tahu, beberapa manfaat dari gandum :

  • Menyehatkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Itulah beberapa manfaat dari gandum. Tetapi selain memiliki beberapa manfaat diatas, ternyata gandum juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya yaitu penyakit maag.

Manfaat Gandum Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag ? Seperti telinga kita sudah tidak asing lagi mendengarnya. Hal ini dikarenakan penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia.

Penyakit maag merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada lambung, penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala :

  • Nyeri atau Perih pada perut
  • Nyeri pada ulu hati
  • Sering bersendawa
  • Mual-mual

Penyakit maag pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Tetapi selain itu, penyakit maag juga bisa disebabkan karena beberapa faktor lain, seperti :

  • Pola makan yang tidak teratur
    Pola makan yang tidak teratur juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak teratur dapat mengakibatkan lambung menjadi bekerja tidak semestinya. Jika hal itu terus berlanjut maka dapat menyebabkan kerusakan pada lambung.
  • Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
    Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran mengakibatkan lambung menjadi kekurangan asupan vitamin dan nutrisi. Dengan begitu, maka bakteri akan mudah menyerang lambung dan mengiritasi lambung.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya Untuk Mengobati Penyakit Maag

  • Kebiasaan mengkonsumsi alhkohol
    Penyakit maag juga dapat terjadi karena sering mengkonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada lambung. Selain itu, alkohol juga dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri pada ulu hati seperti terasa terbakar di dada.
  • Kebiasaan merokok
    Kebiasaan merokok juga salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat lambung menjadi rusak. Bukan hanya dapat mengakibatkan penyakit maag, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan terjadinya kanker lambung.

Mungkin itulah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Perlu di ketahui juga, penyakit maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius jika tidak segera ditangani. Hal ini dikarenakan penyakit maag dapat memicu terjadinya penyakit kanker lambung. Untuk itu, jika menderita penyakit maag, harus di tangani sesegera mungkin.

Nah, salah satu cara untuk menangani penyakit maag diantaranya yaitu adalah obat antasida yang banyak di jual di apotik-opotik. Obat tersebut memang terbukti cukup efektif karena dapat meredakan gejala penyakit maag dengan cepat. Meski begitu, tetapi obat antasida kurang baik untuk kesehatan, terutama jika di konsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini dikarenakan obat antasida memiliki efek samping, beberapa efek samping dari obat antasida diantaranya yaitu : menyebabkan gangguan ginjal (seperti : gagal ginjal), menyebabkan diare, menyebabkan sembelit, menyebabkan dihidrasi, dan lain-lain. Maka dari itu, salah satu penanganan terbaik untuk mengatasi penyakit maag yaitu dengan menggunakan gandum.

Hal ini dikarenakan gandum memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi peradangan pada lambung yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, gandum juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu kelancaran sistem pencernaan. Nah, untuk mengatasi penyakit maag dengan gandum caranya yaitu dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi bubur gandum.

Cara Mengolah Gandum Menjadi Bubur Untuk Penyakit Maag

Berikut ini adalah cara mengolah gandum menjadi bubur

  • Siapkan beras gandum
  • Lalu cuci dengan air bersih
  • Setelah itu, lalu rebus beras gandum dalam api kecil dengan air secukpnya (air jangan terlalu banyak)
  • Setelah itu, kemudian aduk-aduk hingga menjadi bubur

Mungkin itulah cara mengolah gandum menjadi bubur. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.