Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Penyakit Maag

9 Jan

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Penyakit Maag,- Jambu biji memiliki nama ilmiah Psidium guajava, yaitu tanaman yang tergolong ke dalam keluarga Myrtaceae. Tanaman ini berasal dari Brasil yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Penyakit Maag

Tanaman ini memiliki buah yang juga disebut jambu biji. Buah jambu biji ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya dalam pengobatan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat di obati buah jambu biji diantaranya yaitu : penyakit demam berdarah (DBD), diabetes, hipertensi, demam, dan kanker.

Selain buahnya, daun dari tanaman jambu biji ini juga ternyata memiliki manfaat. Sama halnya dengan buahnya, daun jambu biji ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi oleh daun jambu biji yaitu penyakit maag. Apa benar daun jambu biji dapat mengatasi penyakit maag ? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami sakit/perih pada bagian perut. Kondisi tersebut terjadinya karena adanya peradangan pada lambung yang di akibatkan oleh infeksi bakteri.

Bakteri H.pylori merupakan jenis bakteri yang menginfeksi lambung tersebut. Meski begitu, tetapi bakteri bukan satu-satunya yang menjadi penyebab dari penyakit maag. Karena penyakit maag ini juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, diantaranya yaitu :

  • Kebiasaan merokok
    Faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag adalah kebiasaan merokok. Seperti kita tahu, jika rokok mengandung zat kimia yang sangat berbahaya, yaitu nikotin. Dimana nikotin ini dapat merusak lambung sehingga tak heran jika kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag.
  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras
    Faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman keras. Seperti kita tahu, jika minuman keras memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi. Dimana kandungan alkohol yang tinggi ini dapat membuat lambung menjadi rusak. Oleh sebab itu, tak heran jika kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag.

Baca Juga : Manfaat Keji Beling Untuk Penyakit Maag

  • Kurang asupan buah-buahan
    Kurangnya asupan buah-buahan juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan buah-buahan dapat menyebabkan lambung menjadi kekurangan vitamin, sehingga mengakibatkan bakteri dengan mudah menginfeksi lambung.
  • Kurang asupan sayuran
    Penyakit maag juga dapat terjadi karena faktor yang satu ini. Sama halnya dengan buah-buahan, kurannya asupan sayuran dapat menyebabkan lambung menjadi kekurangan vitamin, sehingga membuat bakteri dengan mudah menyerang dan menginfeksi lambung.

Mungkin itulah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Maka dari itu, bagi anda yang ingim terhindar dari penyakit maag, maka hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras. Dan jangan lupa juga perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran supaya lambung mendapatkan asupan vitamin sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada lambung.

Nah, sedangkan bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, sangat penting untuk anda segera mengatasi penyakit maag anda. Hal ini dikarenakan penyakit maag yang dibiarkan begitu saja dapat menyebakan terjadinya penyakit kanker lambung. Oleh sebab itu, jika menderita penyakit maag, harus sesegera mungkin diatasi.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi penyakit maag yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan daun jambu biji. Hal ini dikarenakan di dalam daun jambu biji terdapat kandungan anti-bakteri. Dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membunuh bakteri H.pylori yang menjadi penyebab utama penyakit maag.

Cara Mengobati Penyakit Maag Dengan Daun Jambu Biji

Bagi anda yang ingin mengobati penyakit maag dengan menggunakan daun jambu biji, maka anda harus membuanya terlebih dahulu menjadi ramuan tradisional. Cara pembuatannya yaitu :

  • Siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar
  • Lalu di cuci dengan air bersih
  • Setelah itu, kemudian di rebus dengan air secukupnya
  • Setelah itu, tunggu hingga air rebusan tersisa setengahnya
  • Setelah air rebusan tersisa setengahnya, lalu saring dan tuangkan ke dalam gelas
  • Ramuan tradisional siap di sajikan

Mungkin itulah cara membuat ramuan tradisional dari daun jambu biji untuk mengobati penyakit maag. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.