Manfaat Daun Gedi Untuk Penyakit Maag

6 Jan

Manfaat Daun Gedi Untuk Penyakit Maag,- Daun gedi memiliki nama latin Abelmoschus manihot L yaitu tanaman yang sering di gunakan sebagai lalapan. Daun gedi selain digunakan sebagai lalapan, tetapi juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan bubur manado.

Manfaat Daun Gedi Untuk Penyakit Maag

Daun gedi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun gedi untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu : menjaga kesehatan mata, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah osteoporosis, mencegah diabetes, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain memiliki beberapa manfaat diatas, daun gedi juga ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi daun gedi adalah penyakit maag.

Manfaat Daun Gedi Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang sering di alami oleh orang-orang yang suka telat makan. Meski begitu, tetapi telat makan merupakan bukan penyebab utama dari penyakit maag. Namun penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri H.pylori. Bakteri ini menginfeksi/mengiritasi lambung dan mengakibatkan peradangan.

Peradangan inilah yang mengakibatkan penderita penyakit maag mengalami nyeri/perih pada perut. Tetapi selain disebabkan oleh infeksi bakteri h.pylori, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu :

  • Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
    Kurangnya asupan buah-buahan dan sayuran juga dapat memicu terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan buah-buahan dan sayuran dapat mengakibatkan lambung menjadi kekurangan vitamin, khususnya vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi lambung dari berbagai bakteri. Maka itu tak heran jika kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat memicu terjadinya penyakit maag.

Baca Juga : Manfaat Daun Alpukat Untuk Penyakit Maag

  • Sering meminum minuman keras
    Sering meminum minuman keras juga bisa mengakibatkan terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol yang terdapat pada minuman keras dapat merusakan lambung. Untuk itu tak heran jika seseorang yang suka meminum minuman keras mudah terkena penyakit maag.
  • Kebiasaan merokok
    Penyebab lain timbulnya penyakit maag adalah karena kebiasaan merokok. Hal ini rokok mengandung zat berbahaya yang bernama nikotin. Zat ini dapat merusak organ-organ di dalam tubuh, termasuk lambung. Maka dari itu tak heran jika orang yang suka merokok lebih rentan terkena penyakit maag.

Itulah beberapa faktor penyebab lain dari penyakit maag. Maka dari itu, bagi yang ingin terhindar dari penyakit maag, maka hindari penggunaan minuman keras, kebiasaan merokok, dan juga perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, karena buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin serta nutrisi penting yang di butuhkan oleh lambung.

Nah, bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, sangat penting untuk anda mengatasi penyakit maag anda. Memang pada umumnya penyakit maag bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Namun jika penyakit maag dibiarkan begitu saja tanpa diatasi, maka dapat berubah menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan bisa merenggut nyawa. Maka dari itu jika menderita penyakit maag, harus sesegera mungkin diatasi.

Nah untuk mengatasi penyakit maag, obat-obatan antasida merupakan salah pengobatan yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Obat antasida bermanfaat untuk meredakan gejala penyakit maag, seperti nyeri/perih pada perut. Selain itu obat antasida juga memiliki manfaat untuk menetralkan asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala nyeri pada ulu hati.

Meski obat antasida terbilang sangat efektif untuk mengatasi penyakit maag, namun obat-obatan antasida dapat menyembuhkan penyakit maag hingga tuntas. Selain itu obat-obatan antasida juga memiliki banyak risiko efek samping, seperti : dapat mengakibatkan gangguan ginjal, dehidrasi, diare atau sembelit, dll. Maka dari itu sebaiknya menggunakan cara alami jika ingin mengatasi penyakit maag.

Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi penyakit maag dapat dilakukan dengan menggunakan daun gedi. Tanaman yang satu ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat menumpas bakteri H.pylori yang menjadi penyebab utama penyakit maag. Selain itu, daun gedi juga memiliki kandungan yang dapat melapisi lambung sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi.

Nah, bagi anda yang ingin mengatasi penyakit maag dengan menggunakan daun gedi caranya sangat mudah, yaitu anda cukup menjadikannya ramuan tradisional atau mengkonsumsinya sebagai sayuran.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.