Manfaat Daun Cincau Untuk Penyakit Maag

12 Jan

Manfaat Daun Cincau Untuk Penyakit Maag,- Cincau memiliki nama latin Cyclea barbata miers yaitu tanaman yang tergolong ke dalam suku Menispermaceae. Tanaman ini berasal dari daerah tiongkok yang kemudian menyebar ke berbagai negara-negera asia lainnya, termasuk Indonesia.

Manfaat Daun Cincau Untuk Penyakit Maag

Tanaman cincau memiliki daun yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun cincau yang terkenal untuk kesehatan diantaranya yaitu : melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan jantung, mencegah terjadinya infeksi bakteri, mencegah osteoprosis, serta mencegah kanker dan tumor.

Selain terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang sudah disebutkan diatas, ternyata daun cincau juga memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh daun cincau diantaranya yaitu : demam, diabetes melitus, kanker, tumor, darah tinggi, dan tipes.

Selain dapat mengatasi beberapa penyakit diatas, daun cincau juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit lambung, salah satunya yaitu penyakit maag.

Manfaat Daun Cincau Untuk Penyakit Maag

Penyakit maag adalah salah satu penyakit lambung yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Maka dari itu, bukan hanya orang dewasa, tetapi penyakit ini juga dapat terjadi pada anak-anak.

Nah, berbicara soal penyakit maag, apa kalian tahu apa pengertian dari penyakit maag ? Nah, bagi yang tidak tahu, penyakit maag adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Tetapi selain itu, penyakit maag juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

  • Jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
    Jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat mengakibatkan organ-organ dalam tubuh, seperti lambung menjadi kekurangan vitamin dan nutrisi. Maka dari itu tak heran jika kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran mengakibatkan terjadinya penyakit maag. Karena lambung kekurangan asupan vitamin dan nutrisi sehingga bakteri dengan mudah menyerang lambung.
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
    Seseorang yang suka mengkonsumsi minuman berakohol biasanya akan dengan mudah terkena penyakit maag. Hal ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan lambung menjadi rusak. Maka dari itu, tak heran jika sering mengkonsumsi alkohol menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag.

Baca Juga : Manfaat Gandum Untuk Penyakit Maag

  • Kebiasaan merokok
    Kebiasaan buruk seperti merokok juga menjadi salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit maag. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin yang dapat membuat lambung menjadi rusak. Maka dari itu, mengapa kebiasaan merokok ini dapat memicu terjadinya penyakit maag.
  • Pola makan yang tidak teratur
    Penyakit maag juga dapat disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak teratur membuat lambung menjadi rusak. Maka dari itu, mengapa pola makan yang tidak teratur menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit maag.

Itulah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag. Maka dari itu, jika kita ingin terhindar dari penyakit maag, maka hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, menjauhi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok, serta menjaga menjaga pola makan teratur.

Nah, sedangkan bagi kita yang sudah terlanjur menderita penyakit maag, sangat penting untuk kita mengatasi penyakit maag kita. Hal ini dikarenakan penyakit maag dapat berpotensi menjadi penyakit kanker lambung jika tidak segera diatasi.

Nah, untuk mengatasi penyakit maag kita bisa memanfaatkan daun  cincau. Hal ini dikarenakan daun cincau mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengatasi peradangan pada lambung. Selain itu, daun cincau juga dapat membantu menurunkan kadar asam lambung yang berlebih.

Nah, untuk mengatasi penyakit maag dengan menggunakan daun cincau, maka kita harus mengolahnya terlebih dahulu, caranya yaitu sebagai berikut :

Bahan-bahan

  • Siapkan 1 genggam daun cincau
  • Air masak
  • Air kapur sirih
  • Gula/Sirup

Cara pengolahan

  • Cuci daun cincau dengan air bersi
  • Lalu di remas dengan air masak
  • Setelah itu, di beri air kapur sirih secukupnya supaya menjadi kental
  • Setelah menggumpal, kemudian campurkan dengan air gula atau sirup

Itulah cara mengolah daun cincau untuk mengatasi penyakit maag. Selamat mencobanya.

 

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.