Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

27 Okt

Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung,- Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza yaitu tanaman herbal yang tergolong ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini berasal dari Indonesia, khususnya pulau jawa, kemudian menmenyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia.

Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temulawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.

Temulawak merupakan biasanyasering digunakan dalam pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki kemampuan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit asam lambung.

Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan sehingga menimbulkan nyeri pada ulu hati seperti terasa terbakar di dada.

Penyebab penyakit asam lambung

Pada umumnya penyakit asam lambung di sebabkan oleh tidak berfungsinya LES (Lower Esophageal Sphincter). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari kerongkongan. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika ada makanan atau minuman yang mau masuk ke perut.

Setelah makanan masuk ke perut, maka LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang sudah masuk ke perut tidak naik kembali ke kerongkongan. Maka dari itu, jika LES ini tidak berfungsi, maka asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Baca juga : Manfaat Jombang Untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Selain tidak berfungsinya LES, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti : sering mengkonsumsi alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, terlalu banyak minum kopi, serta kebiasaan merokok.

Gejala penyakit asam lambung

Berikut ini adalah beberapa gejala dari penyakit asam lambung :

  • Nyeri pada ulu hati seperti sensasi terbakar di dada
  • Mengalami kesulitan menelan
  • Mulut merasa asam dan pahit
  • Bau napas tidak sedap

Pengobatan penyakit asam lambung

Pengobatan penyakit asam lambung ada berbagai macam, mulai dari penggunaan obat-obatan, hingga tindakan operasi sebagai langkah terakhir. Namun pada umumnya penyakit asam lambung biasanya menggunakan obat-obatan sebagai langkah pengobatan.

Obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan penyakit asam lambung diantaranya yaitu obat antasida. Obat ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Meskipun obat antasida ini terbilang cukup efektif dalam mengobati penyakit asam lambung, tetapi obat ini memiliki banyak risiko efek samping.

Beberapa risiko efek samping yang di timbulkan oleh obat antasida ini yaitu : terjadinya gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, diare, dan kram perut. Maka dari itu, salah satu pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah dengan tanaman herbal.

Hal ini dikarenakan tanaman herbal tidak memiliki risiko efek samping, sehingga benar-benar aman untuk di gunakan. Nah, salah satu tanaman herbal yang dapat membantu mengobati penyakit asam lambung adalah temulawak.

Hal ini dikarenakan tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, dengan kandungan temulawak tersebut dapat mengobati asam lambung karena dapat membantu menteralkan asam lambung yang berlebih secara alami.

Selain dapat membantu mengobati penyakit asam lambung, termulawak juga dapat membantu mengobati penyakit lambung lainnya, yaitu penyakit maag karena memiliki kandungan anti inflamasi. Nah, untuk mengobati penyakit asam lambung dengan menggunakan temulawak caranya yaitu :

  • Siapkan 30 gram temulawak
  • Kemudian cuci dengan air bersih
  • Setelah itu, lalu rebus dengan air secukupnya
  • Lalu tunggu hingga matang
  • Setelah selesai, saring air rebusan temulawak ke dalam gelas

Mungkin itulah cara membuat ramuan dari temulawak untuk mengobati penyakit asam lambung. Minumlah ramuan tersebut ketika penyakit asam lambung sedang kambuh.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.