Ciri-ciri Batu Ginjal Yang Mudah Dikenali

28 Jun

Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut terbentuk dari sisa-sisa zat limbah di dalam darah yang di pisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan membeku seiring berjalannya waktu.

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang cukup banyak penderitanya. Bahkan setiap tahunnya penderita penyakit ini selalu meningkat. Nah untuk meminimalisir penyakit batu ginjal, maka kita harus mengetahui ciri-cirinya supaya bisa ditangani dengan cepat. Maka dari itu, berikut kami beritahukan ciri-ciri batu ginjal yang mudah dikenali.

Ciri-ciri Batu Ginjal Yang Mudah Dikenali

  1. Nyeri saat berkemih
    Ciri penyakit batu ginjal yang mudah dikenali yaitu mengalami nyeri pada saat berkemih. Hal ini terjadi karena batu menggesek dinding kandung kemih sehingga menimbulkan nyeri pada saat berkemih dan kemudian akan menghilang secara perlahan setelah selesai berkemih.
  2. Nyeri pinggang
    Ciri penyakit batu ginjal lainnya yang mudah dikelanali yaitu nyeri pinggang. Nyeri pinggang yang terjadi juga tergantung dari letak batu ginjalnya. Namun secara umum, nyeri yang terjadi biasanya pada daerah pinggang bagian belakang, baik pinggang kiri ataupun pinggang kanan tergantung dari letak batunya apakah ada di ginjal bagian kiri atau kanan.
  3. Nyeri pada area lain
    Nyeri pada area lain selain pinggang juga merupakan ciri penyakit batu ginjal. Nyeri yang di timbulkan dapat terjadi di berbagai lokasi tubuh seperti selangkangan dan pada daerah kemaluan. Biasanya nyeri yang di timbulkan diawali dengan riwayat nyeri pinggang, tetapi selain itu juga bisa muncul secara mendadak pada area yang sudah di sebutkan tadi.
  4. Terjadi perubahan warna urin
    Ciri penyakit batu ginjal yang cukup mudah dikenali yaitu terjadinya perubahan pada warna urine. Orang normal biasanya memiliki warna urin berwarna kuning atau putih, sedangkan batu ginjal memiliki warna coklat atau merah.
  5. Kencing darah
    Kencing darah juga salah satu ciri penyakit batu ginjal yang mudah dikenali. Hal ini terjadi jika batu mengiritasi saluran yang berperan dalam sistem berkemih lainnya. Meskipun ciri batu ginjal yang satu ini cukup seram, tetapi kencing darah ini tidak menimbulkan rasa nyeri.
  6. Demam
    Demam adalah ciri penyakit batu ginjal yang umum, hal tersebut dapat terjadi karena batu ginjal menyebabkan infeksi pada ginjal sehingga membuat suhu di tubuh menjadi panas/demam.
  7. Selalu ingin berkemih
    Selalu ingin berkemih juga merupakan ciri penyakit batu ginjal yang sering terjadi dan mudah di kenali. Hal ini dapat terjadi karena batu yang ada di dalam kemih cukup besar sehingga membuat kandung kemih ingin selalu berkemih atau ingin buang air kecil.
  8. Frekuansi berkemih meningkat
    Ciri penyakit batu ginjal yang mudah dikenali berikunya adalah frekuansi berkemih meningkat. Hal ini terjadi hampir sama dengan ciri batu ginjal selalu ingin berkemih yaitu karena batu yang ada di kandung kemih cukup besar. Selain membuat frekuensi berkemih menjadi meningkat, batu ginjal juga dapat memberikan gejala berupa sensasi selalu ingin berkemih.
  9. Terjadi infeksi pada saluran kencing
    Terjadinya infeksi pada saluran kencing merupakan ciri batu ginjal berikutnya. Hal tersebut terjadi karena batu menyumbat salah satu saluran kencing terlalu lama. Sehingga menghalangi saluran kemih dan menginfeksinya yang akhirnya membuat urin keluar tidak lancar. Akibat hal itu, maka di penderita akan mengalami sensasi panas pada saat berkemih.

Mungkin itulah beberapa ciri penyakit batu ginjal yang mudah dikenali. Mudah-mudahan informasi diatas bisa menambah wawasan anda mengenai penyakit batu ginjal.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.