7 Dampak Buruk Karena Telat Tidur

13 Agu

7 Dampak Buruk Karena Telat Tidur,- Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Rata-rata orang harus tidur jam 7-9 malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Menurut penelitian, saat kita tidur tubuh akan menetralkan tubuh sehingga sel-sel yang rusak akan diperbaiki pada saat kita tidur.

7 Dampak Buruk Karena Telat Tidur

Namun, Saat ini banyak orang yang suka tidur larut malam. Mereka tidak tahu apa hasil dari tidur terlambat. Berikut kami beritahukan beberapa dampak buruk dari karena telat tidur :

1. Konsentrasi Menurun

Jadi tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah.

Hal ini membuat belajar sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur di malam hari berkontribusi untuk “memperkuat” memori dalam pikiran. Jika anda tidak mendapatkan cukup tidur, maka anda tidak akan mampu mengingat apa yang anda pelajari dan alami selama seharian.

2. Merusak Memory Otak (Menjadi Pelupa)

Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika Serikat dan Perancis membuktikan bahwa dengan cukup tidur, merangsang reaksi otak yang disebut gelombang tajam riak yang berperan dalam proses penguatan memori.

Reaksi mengirimkan informasi atau data yang disimpan hippocampus dari otak ke neokorteks, di mana kenangan jangka panjang disimpan. Dengan demikian, jika mengurangi waktu tidur, maka lama kelamaan memory akan menjadi rusak dan membuat seseorang menjadi pelupa.

3. Menyebabkan Depresi

Dalam sebuah penelitian pada tahun 1997, para peneliti dari University of Pennsylvania melaporkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari berturut-turut, maka akan menyebabkan mudah stres, marah, sedih, dan mental kelelahan.

Kurangnya waktu tidur juga menyebabkan gejala depresi. Selain itu dampak buruk lainnya, yaitu insomnia yang memiliki hubungan erat dengan depresi. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang, terungkap bahwa penderita insomnia 5 kali lebih rentan terhadap depresi.

Bahkan, insomnia merupakan salah satu gejala pertama depresi. Insomnia dan tidak nafsu makan karena depresi yang terkait. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat lebih sulit untuk membuat kita tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

4. Menyebabkan Masalah Kesehatan Yang Serius

Sering telat tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti :

  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Detak jantung tak teratur
  • Tekanan darah tinggi
  • Pukulan
  • Diabetes

Kemudian, menurut beberapa penelitian, 90% gangguan tidur pasien insomnia  ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam juga mengalami risiko kesehatan serupa.

5. Menyebabkan Berat Badan Menjadi Bertambah (Obesitas)

Berat badan berbanding lurus dengan kurang tidur. Metabolisme lemak akan terganggu ketika tubuh tidak mendapatkan setidaknya 6 jam tidur per malam. Maka dari hampir 30% mereka yang dalam sehari semalam tidurnya kurang dari 6 jam memiliki kecenderungan menjadi lebih gemuk dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur 7-9 jam perhari.

6. Melemahkan Sistem Imun

Tidur sampai larut malam, akan membuat tubuh menghancurkan sel-sel darah putih atau leukosit yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh. Maka pengurangan leukosit dalam darah, tubuh akan rentan terhadap gejala penyakit dan infeksi.

7. Insiden Penyakit Jantung dan Stroke Dini

Sebuah gangguan tidur yang sangat kronis (kurang tidur terus menerus dalam jangka panjang) adalah akar penyebab disfungsi jantung (gagal jantung), tekanan darah tinggi, dan stroke. Jadi, sebaiknya Anda membuang kebiasaan buruk tidur larut malam dan memberikan tubuh Anda minimal 7-9 jam istirahat untuk menghindari penyakit berbahaya.

Mungkin itulah beberapa dampak buruk dari telat tidur/sering tidur larut malam. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah telat tidur, usahakan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dengan membiasakan tidur maksimal jam 9 malam.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.