5 Ciri-ciri Penyakit Maag

15 Sep

5 Ciri-ciri Penyakit Maag,- Maag merupakan salah satu penyakit lambung yang sering dialami oleh penduduk di negara-negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia. Pada tahun 2004 saja, hampir 3 juta penduduk di Indonesia menderita penyakit ini.

5 Ciri-ciri Penyakit Maag

Maag merupakan suatu kondisi kesehatan dimana lambung mengalami peradangan yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan perih pada perut. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi bakteri H.pylori. Bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri yang sering mengiritasi lambung dan membuat luka pada lambung.

Namun selain infeksi bakteri, penyakit maag juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor dari gaya hidup yang kurang sehat, seperti sering telat makan, pola makan yang tidak teratur, sering merokok serta sering mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan.

Maka dari itu, langkah awal jika ingin terhindar dari penyakit ini yaitu dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, seperti makan tepat waktu, menjaga pola makan, tidak merokok serta tidak mengkonsumsi minuman keras. Nah, bagi yang sudah terlajur menderita penyakit maag, hal utama yang harus anda perhatikan adalah asupan makanan.

Hal ini dikarenakan makanan bisa menjadi munculnya penyakit maag menjadi kambuh. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang sehat, salah satunya adalah buah-buahan. Meski begitu, tidak semua buah-buahan baik untuk dikonsumsi, karena beberapa jenis diantaranya justru dapat memicu penyakit maag. Untuk itu, pilihlah buah-buahan yang bagus untuk penderita maag seperti pepaya dan pisang.

Berbicara soal penyakit maag, apakah anda tahu ciri-ciri dari penyakit ini ? Sebab ciri-ciri dari penyakit ini bukan hanya timbulnya rasa perih pada perut, tetapi masih ada beberapa ciri-ciri yang lain. Nah, jika anda tidak tahu, berikut kami beritahukan beberapa ciri-ciri penyakit maag yang lainya.

5 Ciri-ciri Penyakit Maag

1. Mual-mual

Ciri-ciri dari penyakit maag yang pertama adalah sering timbulnya perasaan mual-mual. Jika anda sering mengalami kondisi ini, maka dipastikan anda sedang menderita penyakit maag.

2. Merasakan sakit pada perut

Ciri-ciri penyakit maag berikutnya adalah merasakan sakit pada perut. Ciri yang satu ini merupakan ciri yang sulit di tebak, maka dari itu, untuk memastikan kondisi ini apakah ciri penyakit maag atau bukan, maka konsultasilah ke dokter. Tetapi pada umumnya kondisi ini merupakan ciri dari penyakit maag.

3. Bersendawa

Bersendawa adalah ciri-ciri penyakit maag berikutnya. Kondisi ini terjadi disebabkan dari gas yang dihasilkan dari lambung. Maka dari itu, bagi anda yang sering bersendawa dipastikan anda mengalami penyakit maag.

4. Perut kembung

Perut kembung juga merupakan salah satu ciri dari penyakit maag. Kondisi ini terjadi karena di dalam lambung terdapat banyak gas sehingga menimbulkan rasa kembung pada perut.

5. Perut sering lapar

Ciri penyakit maag yang terakhir adalah perut sering lapar. Nah, jika anda salah satu orang yang tidak menjaga pola makan secara taratur, maka anda akan merasakan mudah lapar. Dan jika itu terjadi, maka dipastikan anda mengalami penyakit maag.

Mungkin itulah beberapa ciri-ciri dari penyakit maag. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami beberapa kondisi diatas dipastikan anda sedang mengalami penyakit maag. Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sering diabaikan begitu saja.

Memang penyakit ini bukan sebuah penyakit yang mematikan, tetapi penyakit ini jika dibiarkan begitu saja maka penyakit maag bisa menjadi penyakit yang mematikan karena dapat berpotensi terjadinya kanker lambung. Maka dari itu, mulai sekarang anda tidak boleh mengabaikan penyakit yang satu ini.

Nah, bagi anda penderita penyakit maag, berikut kami beritahukan ramuan tradisional yang dapat mengatasi penyakit maag.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Penyakit Maag

Bahan-bahan

  • Siapkan daun jambu biji
  • Madu
  • Air secukupnya

Cara pembuatan

  • Cuci daun jambu biji yang dengan air bersih
  • Lalu rebus dengan air secukupnya
  • Tunggu hingga matang
  • Jika sudah selesai, lalu tuangkan air rebusan daun jambu biji ke dalam gelas
  • Kemudian tambahkan sedikit madu dan aduk hingga rata

Itulah cara membuat ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit maag. Konsumsilah ramuan tersebut sehari 3 kali. Selamat mencobanya.

 

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.