5 Cara Mencegah Mata Minus

9 Nov

5 Cara Mencegah Mata Minus,- Mata minus merupakan suatu kondisi dimana mata tidak dapat menangkap cahaya dengan fokus pada jarak yang jauh. Mata minus biasanya terjadi pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

5 Cara Mencegah Mata Minus

Penyebab terjadinya mata minus bermacam-macam. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya mata minus :

  • Asupan makanan – faktor utama yang menyebabkan terjadinya mata minus adalah asupan makanan. Biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidar menjadi salah satu penyebab mata minus. Hal ini dikareanakan selain tidak baik untuk tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata
  • Lingkungan yang tidak sehat –  faktor yang kedua yang menyebabkan terjadinya mata minus adalah lingkungan yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan dan kebsihan mata. Salah satu lingkungan yang dapat menyebabkan mata minus adalah jalanan. Dimana polusi udara dapat menyebabkan debu dan kotoran masuk ke mata dan mengiritasi mata.
  • Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer – menghabiskan sepanjang waktu di depan layar komputer juga dapat menyebabkan mata menjadi minus. Hal ini dikarenakan mata menjadi tegang dan lelah.
  • Kebiasaan yang buruk – faktor yang berikutnya adalah kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran, menonton tv sambil tiduran, serta membaca di tempat yang gelap juga dapat menyebabkan mata menjadi minus.

Mungkin itulah beberapa penyebab terjadinya mata minus. Maka dari itu, bagi kita yang ingin terhindar dari mata minus, maka kita harus mencegahnya sejak dini. Nah, berikut kami beritahukan beberapa cara mencegah terjadinya mata minus.

5 Cara Mencegah Mata Minus

1. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Cara mencegah mata minus yang pertama adalah selalu rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Seperti kita ketahui, jika buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin serta nutrisi yang diperlukan oleh mata. Nah, beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang bagus dikonsumsi untuk mencegah mata minus adalah buah pepaya, buah jeruk, buah blueberry, bayam, serta wortel.

Baca juga : Sayuran Yang Bagus Untuk Penderita Mata Minus

2. Rajin mengkonsumsi ikan

Cara mencegah mata minus yang kedua adalah selalu rajin mengkonsumsi ikan. Seperti kita ketahui jika kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu dapat mencegah mata mata minus, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya mata katarak. Nah, beberapa jenis ikan yang bagus untuk mencegah mata katarak adalah ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden.

3. Rajin mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak

Rajin mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak juga dapat mencegah terjadinya mata minus. Hal ini dikarenakan kandungan seng yang terdapat pada daging sapi dapat membantu tubuh mempercepat proses penyerapan vitamin A sehingga sangat penting untuk mengatasi pembentukan lapisan pada kornea mata.

4. Hindari membaca buku atau menonton TV dari jarak yang dekat

Cara mencegah mata minus yang berikutnya adalah hindari membaca buku atau menonton TV dari jarak yang dekat. Hal ini dikarenakan jika membaca buku atau menonton TV dari jarak yang dekat dapat menyebabkan kerusakan lengkungan kornea sehingga menyebabkan mata menjadi minus.

5. Istrirahat yang cukup

Cara mencegah mata minus yang terakhir adalah istrirahat yang sukup. Sama seperti tubuh, mata juga memerlukan istrirahat, terlebih jika seharian bekerja di depan layar komputer. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan lelah sehingga jika kekurangan istrirahat dapat menyebabkan mata menjadi minus. Maka dari itu, di usahakan istrirahat atau tidur 8 jam perhari, supaya mata menjadi fresh kembali.

Itulah beberapa cara mencegah mata minus. Maka dari itu, bagi anda yang ingin terhidar dari penyakit mata minus, maka lakukanlah beberapa cara diatas.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.