26 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

15 Jun

Vitamin A adalah vitamin dan antioksidan yang memiliki kaitan erat dengan kesehatan mata. Makanan yang kaya vitamin A dapat mencegah kebutaan, radang mata dan mata kering. Selain itu, vitamin A juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin A :

  1. Wortel
    Wortel merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi.  Maka tak heran bila wortel dapat memperbaiki penglihatan Anda. Selain mengandung vitamin A, wortel juga merupakan sumber dari Vitamin C, K, dan B, serta magnesium dan serat.
  2. Sayuran Hijau
    Makanan yang mengandung vitamin A tinggi lainnya yaitu adalah sayuran hijau. Maka dari itu, bagi anda yang membutuhkan ektrak vitamin A, Anda dapat menambahkan beberapa sayuran hijau untuk dijadikan salad atau sandwich.
  3. Ubi jalar
    Ubi jalar adalah salah satu sumber utama makanan bagi pemukim awal Amerika. Sampai saat ini, mereka masih banyak menikmati makanan yang kaya akan nutrisi ini. Sebagian besar nutrisi yang terdapat pada ubi ini adalah Vitamin A, selain itu ubi jalar juga memiliki kalori yang cukup rendah sehingga dapat membantu orang yang sedang diet.
  4. Minyak ikan cod
    Banyak orang yang membuat suplemen dari minyak ikan cod, hal ini dikarenakan minyak ikan cod sumber yang kuat dari vitamin dan mineral. Minyak ikan cod, yang datang baik dalam bentuk cair dan kapsul, mengandung Vitamin D, Vitamin A, dan asam lemak omega 3. Satu sendok makan minyak ikan cod akan memungkinkan Anda untuk memenuhi dan melampaui asupan harian yang direkomendasikan dari Vitamin A untuk harian anda.
  5. Lada merah
    Menambahkan sedikit lada merah ke setiap masakan yang akan dikonsumsi dapat memberikan dampak yang positif untuk kesehatan.
    Menambahkan lada merah kesetiap makanan dapat memenuhi asupan vitamin A harian anda.
  6. Hati kalkun
    Hati kalkun merupakan makanan yang lezat. Bisanya makanan ini di jadikan berbagai macam olahan. Hati kalkun memiliki beberapa sumber vitamin dan mineral. Vitamin A merupakan salah satu kandungan yang paling tinggi pada hati kalkun.  100 gram kalkun hati diisi dengan 1.507% dari nilai harian yang direkomendasikan dari Vitamin A.
  7. Paprika
    Paprika merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi lainnya. Satu sendok makan memberikan 69% dari jumlah harian yang disarankan Vitamin A. Selain itu, paprika juga merupakan sumber mengesankan Vitamin C, kalium, dan kalsium.
  8. Mangga
    Mangga yang manis merupakan buah yang sering dijadikan makanan penutup. Mangga juga dapat dijadikan tambahan yang bagus untuk diet yang sehat dan seimbang, hal ini dikarenakan mangga dapat memberikan suplai vitamin dan nutrisi. Satu cangkir irisan mangga menyediakan sekitar 36% dari jumlah yang disarankan harian vitamin A.
  9. Susu
    Susu merupakan minuman yang sangat gemar oleh banyak orang, karena mengandung vitamin dan nutrisin yang baik untuk kesehatan. Secangkir susu tinggi di Vitamin D dan A, dan itu adalah sumber kalsium yang baik, protein, dan magnesium.
  10. Sawi hijau
    Apakah Anda suka memakan sawi hijau mentah atau dimasak, Anda akan mendapatkan banyak rasa dan nutrisi dari ini sawi hijau ini. Hanya secangkir sawi hijau cingcang memberikan 118% dari nilai harian yang direkomendasikan dari Vitamin A. Konsumsilah sawi hijau ini, karena mereka juga tinggi vitamin C, vitamin E, mangan , folat, serat, protein dan kalsium.
  11. Butternut Squash
    Warna orange dari butternut squash adalah tanda bahwa butternut squash tinggi beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Satu porsi butternut squash mengandung lebih dari 400% dari nilai harian yang direkomendasikan dari Vitamin A. Selain itu, butternut squash ini juga mengandung vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.
  12. Daun basil kering
    Satu porsi atau 100 gram basil kering mengandung 15% dari nilai harian yang direkomendasikan dari Vitamin A. 100 gram adalah banyak, maka anda tidak harus mengkonsumsi semuanya dalam makanan yang sama, atau bahkan di hari yang sama. Ketika Anda berpikir tentang bagaimana serbaguna basil kering, Anda mungkin menemukan diri Anda menambahkannya ke hampir setiap makanan yang Anda siapkan. Taburkan di atas makanan yang akan anda konsumsi untuk meningkatkan kandungan Vitamin A.
  13. Kubis
    Kubis adalah sayuran lezat dan kaya nutrisi sangat baik untuk digunakan diet . Kubis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu Anda memenuhi dan melampaui jumlah vitamin A yang direkomendasikan untuk harian anda. Satu porsi kubis mengandung sekitar 200% dari apa yang dibutuhkan rata-rata orang.
  14. Blewah
    Blewah adalah makanan yang rendah kalori dan lemak, tetapi mengandung vitamin dan nutrisi. Blewah juga merupakan makanan yang lezat. Nikmati makanan lezat ini dalam salad buah, sebagai camilan di siang hari, atau sebagai makanan pencuci mulut setelah makan malam. Satu porsi blewah menyediakan 120% dari jumlah Vitamin A untuk harian anda.
  15. Kacang polong
    Kacang polong dapat dijadikan sebagai cemilan yang enakan, selain itu kacang polong juga dapat di jadikan sebagai suplemen yang bagus untuk diet sehat. Satu porsi kacang polong (setengah cangkir) menyediakan 134% dari jumlah yang disarankan Vitamin A. Selain itu, kacang polong juga tinggi vitamin C, K, dan B.
  16. Lobak hijau
    Lobak hijau biasanya sering digunakan sebagai makanan untuk diet, sebab lobak hijau mengandung rendah kalori dan tinggi nutrisi. Bisanya lobak hijau dikonsumsi mentah. Namun tak sedikit juga lobak hijau ini di masak sebelum memakannya. Lobak hijau ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan mata.
  17. Aprikot kering
    Aprikot kering merupakan makanan yang bagus untuk diet yang kaya vitamin A. Satu porsi potongan aprikot kering mengandung 94% dari nilai yang direkomendasikan dari Vitamin A untuk harian anda.
  18. Tomat
    Tomat merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, buah yang satu ini juga memiliki kandungan lainnya, seperti vitamin C, kalsium dan zat besi.
  19. Marjoram kering
    Marjoram kering biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah rasa. Vitamin A merupakan salah satu kandungan yang tinggi yang terdapat pada makanan ini. 100 gram Marjoram kering menyediakan 161% dari yang dianjurkan Vitamin A harian anda.
  20. Bayam
    Bayam adalah sayuran yang sangat cocok untuk di jadikan menu diet. Hal ini dikarenakan banyam mengandung serat yang tinggi. Selain serat, bayam juga mengandung sebagian besar vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
  21. Persik
    Persik adalah buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Persik memiliki kandungan vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan zat besi. Selain itu, Buah ini juga mengandung serat yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk kesehatan mata.
  22. Pepaya
    Buah pepaya tropis kaya akan beberapa vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Secara khusus, buah ini kaya akan sumber Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan.
  23. Paprika merah
    Paprika merah adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan sebagai salad, sayuran ini mengandung vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, sayuran ini juga megandung sebagian besar vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  24. Randa tapak
    Randa tapak juga merupakan salah satu sayuran yang sering dijadikan sebagai salad. Randa tapak tinggi kalsium, kaya yodium, antioksidan dan rendah kalori. Selain itu, randa tapak juga mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.
  25. Hati sapi
    Hati merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang di berbagai dunia, karena makanan olah dari hati sapi ini memiliki rasa yang enak, tapi hati sapi juga sering disebut-sebut sebagai obat untuk anemia, tetapi makanan ini juga merupakan sumber yang baik dari Vitamin C dan A.
  26. Oatmeal
    Oatmeal diperkaya dengan vitamin esensial yang baik untuk dijadikan menu diet. Sebagian besar oatmeal diperkaya Vitamin D dan A. Dimana kandungan vitamin A pada oatmeal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mungkin itulah beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan sumber utama untuk menjaga fungsi mata dan memelihara kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.