10 Manfaat Akar Astragalus Yang Sudah Terbukti

16 Jun

Apakah Anda tahu tentang akar astragalus ? Jika tidak, Anda harus mengatahuinya, karena akar astragalus adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ramuan adaptogen ini menurunkan kortisol, Atragalus selain memompa sistem kekebalan tubuh Anda, studi juga pernah menunjukkan bila itu penting untuk kesehatan jantung dan bahkan dapat melawan tumor dan mengurangi gejala kemoterapi. Percaya atau tidak, itu tidak semua, baik. Ada manfaat lebih astragalus yang hanya dipercaya, itulah sebabnya saya menganggap itu salah satu ramuan penting untuk menambah rejimen kesehatan Anda.

Apa Itu Astragalus ?

Astragalus adalah tanaman yang masuk ke dalam keluarga kacang-kacangan, dalam sejarah tanaman ini dipercaya dapat memerangi penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akar dari tanaman ini juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina, untuk membantu tubuh melawan stres dan penyakit.

Akar astragalus dapat dipanen dari tanaman yang sudah 4 tahun, Akar stragalus juga merupakan satu-satunya bagian dari tanaman yang digunakan dalam pengobatan. Lebih dari 2.000 hanya 2 spesies astragalus yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan, yaitu astragalus membranaceus dan astragalus mongholicus.

Akar astragalus berisi 3 komponen yang memungkinkan tanaman ini memiliki dampak positif pada kesehatan manusia, 3 komponen tersebut diantaranya yaitu : saponin, flavonoid dan polisakarida.

  1. Saponin dikenal karena kemampuan mereka untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.
  2. Flavanoid, juga ditemukan dalam astragalus, mereka memberikan manfaat kesehatan melalui signaling sel. Mereka menunjukkan kualitas antioksidan, kontrol dan menangkis radikal bebas, dan dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker dan virus immunodeficiency.
  3. Polisakarida diketahui memiliki kemampuan sebagai antimikroba, antivirus dan anti-inflamasi.

Manfaat Akar Astragalus

Dalam Pengobatan Tradisional Cina, rempah ini dianggap sebagai pelindung terhadap tekanan, baik mental maupun fisik. Akar astragalus memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan penyakit. Meskipun lebih banyak studi pada manusia diperlukan untuk memperkuat efektivitas, keberhasilan pada tikus dan hewan lainnya telah mendorong penelitian progresif rempah yang satu ini.

Karena keberhasilan yang luar biasa dari begitu banyak studi penelitian dan uji coba, informasi baru tentang akar astragalus datang untuk menerangi sepanjang waktu. Secara umum, kekuatan terbesarnya adalah mencegah dan melindungi sel terhadap kematian sel dan unsur berbahaya lainnya, seperti radikal bebas dan oksidasi.

Menurut penelitian, berikut ini adalah manfaat akar astragalus yang sudah terbukti :

1. Bertindak sebagai anti-inflamasi

Peradangan adalah sumber dari penyakit yang paling sering terjadi. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa berkat saponin dan polisakarida, akar astragalus dapat mengurangi respon inflamasi dalam kaitannya dengan sejumlah penyakit dan kondisi, mulai dari membantu menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan pada penyakit ginjal diabetik.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat akar astragalus berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang dilakukan di Beijing menyebutkan kemampuannya untuk mengontrol sel t-helper 1 dan 2, pada dasarnya mengatur respon kekebalan tubuh. Meskipun tingkat penuh kemampuan ramuan yang belum ditentukan, ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa akar astragalus dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Memperlambat atau mencegah pertumbuhan tumor

Banyak penelitian terbaru yang menunjukkan keberhasilan saponin pada akar astragalus, flavonoid dan polisakarida dalam mengurangi atau menghilangkan tumor. Dalam kasus chemoresistance mengobati kanker hati, akar astragalus telah menunjukkan potensi dalam membalikkan resistensi multidrug dan sebagai tambahan untuk kemoterapi konvensional, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy dan Farmakologi.

4. Melindungi sistem kardiovaskular

Flavonoid hadir dalam akar astragalus sebagai antioksidan yang membantu mencegah penumpukan plak di arteri dan penyempitan dinding pembuluh dengan melindungi dinding bagian dalam kapal. Selain itu, sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam Journal Cina Integrative Medicine menyarankan suntikan akar astragalus yang dikombinasikan dengan pengobatan konvensional untuk miokarditis viral (radang lapisan tengah dinding jantung), membuat perawatan lebih berhasil dalam kondisi jantung.

Dalam penelitian lain juga menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi tekanan darah dan tingkat trigliserida. Tingginya kadar trigliserida menempatkan individu pada risiko berbagai bentuk penyakit jantung, seperti stroke, serangan jantung dan pengerasan dinding arteri.

Selama serangan jantung, kerusakan otot jantung terjadi ketika ada kekurangan pasokan darah dan oksigen. Pada saat itu, kalsium yang berlebihan menciptakan kerusakan sekunder. Akar astragalus dapat mencegah kerusakan otot jantung tambahan dengan mengatur homeostasis kalsium di dalam hati.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

Akar astragalus telah dipelajari secara progresif sebagai antidiabetes. Studi menunjukkan kemampuannya untuk meringankan resistensi insulin dan mengobati diabetes secara alami. Koleksi ramuan saponin, flavonoid dan polisakarida semua efektif dalam mengobati diabetes tipe 1 dan 2. Mereka mampu meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel-sel beta pankreas (sel-sel di pankreas yang memproduksi dan melepaskan insulin) dan juga bertindak sebagai anti-inflamasi di bidang yang terkait dengan gejala diabetes.

Penyakit ginjal pada penderita diabetes juga merupakan masalah umum, dan akar astragalus telah digunakan untuk mengobati penyakit ginjal selama bertahun-tahun. Studi terbaru menunjukkan akar astragalus dapat memperlambat kemajuan masalah ginjal pada penderita diabetes dan melindungi sistem ginjal.

6. Sebagai antioksidan dan Anti-Aging

Oksidasi akibat kerusakan radikal bebas merupakan komponen utama dalam penyakit dan penuaan, dan banyak elemen yang ditemukan di akar astragalus yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Polisakarida memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh dan peningkatan fungsi otak, yang keduanya bisa memperpanjang rentang hidup.

7. Menyembuhkan luka

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, akar astragalus memiliki sejarah panjang mengobati luka. Radix astragalus, nama lain untuk akar kering dari astragalus, telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk memperbaiki dan regenerasi organ yang terluka.

Dalam sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan di Institut Farmasi di Universitas Zhejiang, luka diobati dengan Astragaloside IV (bahan aktif dalam akar astragalus kering) menunjukkan tingkat pemulihan meningkat dua sampai tiga kali lipat. Disimpulkan bahwa akar astragalus adalah produk alami yang menjanjikan untuk penyembuhan pada luka.

8. Meredakan Gejala Kemoterapi

Akar astragalus telah ditunjukkan untuk membantu pasien yang menerima kemoterapi untuk pulih lebih cepat dan memperpanjang masa hidup mereka. Dalam kasus gejala kemoterapi berat, seperti : mual, muntah, diare dan penekanan sumsum tulang, akar astragalus telah diberikan secara intravena dan dalam kombinasi dengan campuran herbal Cina lainnya. Penelitian awal menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi gejala ini dan meningkatkan efektivitas pengobatan kemoterapi.

9. Mengatasi pilek dan flu

Karena memiliki kemampuan sebagai antivirus, akar astragalus telah lama digunakan untuk mengobati masuk angin dan flu. Ini biasanya dikombinasikan dengan herbal lain seperti ginseng, angelica dan licorice. Sebuah rejimen akar astragalus sebelum musim dingin dikatakan untuk mencegah atau mengurangi jumlah pilek dan pernafasan atas penyakit individu akan memiliki sepanjang musim.

10. Memberikan tambahan terapi untuk penyakit asma kronis

Akar astragalus telah digunakan untuk mengobati penyakit asma kronis dan dapat di gunakan menjadi terapi tambahan obat asma alami. Setelah dirawat, hipersensitivitas pada saluran udara menurun secara substansial dan produksi lendir dan peradangan berkurang. Dengan mencegah atau mengurangi serangan asma, individu dapat dibebaskan dari masalah asma kronis.

Mungkin itulah 10 manfaat akar astragalus yang sudah terbukti.

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.