Manfaat dan Bahaya Jus Wortel Bagi Tubuh

18 Jun

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang paling populer, sayuran serbaguna di dunia.  wortel bisa dimakan mentah atau dimasak. Selain itu, wortel juga sering di olah menjadi jus.

Nah, pada artikel kali ini kami membagikan informasi mengenai manfaat dan bahaya jus wortel bagi tubuh, seperti apa informasinya berikut ulasannya.

Manfaat Jus Wortel Untuk Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat jus wortel untuk tubuh :

1. Melindungi Kesehatan Mata

Salah satu manfaat dari jus wortel yakni untuk melindungi kesehatan mata, seperti kita ketahui, bila sebagian besar kandungan yang terdapat pada wortel adalah vitamin A. Dimana vitamin A adalah salah satu nutrisi paling penting yang diperlukan untuk melindungi kesehatan mata dan penglihatan, terutama sebagai seseorang yang sudah berusia lanjut.

Mengkonsumsi jus wortel secara teratur akan membantu Anda menjaga mata dan visi sehat sepanjang hidup Anda. Jika mengkonsumsi wortel dalam bentuk mentah tidak menarik bagi Anda, ingatlah bahwa minum jus wortel membawa lebih banyak manfaat untuk kesehatan mata.

2. Sumber Tinggi Antioksidan

Karotenoid, ditemukan dalam wortel dan sayuran oranye lainnya, adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai bentuk penyakit sementara dan penyakit kronis serius. Wortel dan jus wortel bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan membantu mempertahankan tubuh dari kerusakan yang di sebabkan radikal bebas, bakteri berbahaya, virus dan peradangan.

Antioksidan yang terdapat pada jus wortel meliputi : vitamin C, beta karoten, likopen, lutein, zeaxanthin. Wortel adalah salah satu sumber alam tertinggi phytochemical karotenoid dan antioksidan beta karoten, yang keduanya melawan kanker dengan menghentikan kerusakan DNA, tingkat peradangan dan mutasi sel.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Setiap sayuran yang berwarna oranye seperti wortel dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, terutama pada wanita dewasa. Terlepas dari risiko kardiovaskular lainnya, penelitian saat ini menunjukkan bahwa kesehatan manfaat minum jus wortel untuk jantung dengan menurunkan stres oksidatif dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap berbagai bentuk penyakit kardiovaskular.

Efek ini mungkin karena kandungan antioksidan tinggi yang wortel mengandung. Wortel juga bekerja untuk menurunkan kolesterol, dan meningkatkan produksi empedu, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna lemak. Hal ini tidak hanya membantu sistem pencernaan Anda untuk benar menyerap nutrisi dari makanan Anda, tetapi juga secara langsung berdampak pada kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda, yang melindungi jantung Anda

4. Membantu Melindungi Terhadap Kanker

Bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi tingkat tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dapat menjadi pelindung dalam kaitannya dengan kekambuhan kanker. Studi menunjukkan bahwa antioksidan ini dalam wortel mungkin dapat melawan sel-sel leukemia dan mungkin memainkan peran dalam mengurangi risiko beberapa jenis yang paling luas dari kanker, termasuk ovarium dan kanker payudara.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Nutrisi yang ditemukan dalam wortel membantu meningkatkan kekebalan, termasuk kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan racun yang masuk melalui mulut dan hidup dalam gusi dan gigi. mineral tertentu dalam wortel dapat antibakteri dan membantu mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Wortel juga bisa membantu menghilangkan plak dan noda dari gigi jika dimakan setelah makan. Setelah makan, serat dalam wortel juga meningkatkan kekebalan dengan bertindak sebagai sikat sistem pencernaan alami.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Penyembuhan Luka

Beta karoten sangat penting untuk penyembuhan jenis luka. Wortel bahkan telah digunakan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan luka selama berabad-abad karena kandungan beta karoten yang tinggi. Jika Anda memiliki infeksi pada kulit, luka, atau luka lainnya, Anda dapat mengatasinya dengan jus wortel, karena jus wortel memiliki manfaat meningkatkat kesehatan kulit dan menyembuhkan luka dengan cepat.

7. Menjaga Kesehatan Otak & Fungsi Kognitif

Jus wortel memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak dengan membantu mencegah terhadap penyakit Alzheimer, meningkatkan memori, dan membela terhadap jenis lain dari penurunan kognitif. Hal ini disebabkan kemampuan wortel untuk menurunkan stres oksidatif di otak yang dapat melemahkan kapasitas signaling saraf.

Mungkin itulah beberapa manfaat dari jus wortel untuk tubuh.

Bahaya Jus Wortel Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa bahaya dari jus wortel bagi tubuh :

Menyebabkan Karotenemia

Wortel adalah sumber utama beta karoten dalam diet Amerika. beta karoten adalah salah satu dari beberapa karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A, nutrisi yang melindungi visi yang baik, kesehatan mata dan kekebalan. Satu cangkirwortel mentah menyediakan sekitar 430 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin A, berdasarkan diet 2.000 kalori, sementara kaca 8 ons jus wortel memberikan lebih dari dua kali jumlah itu.

Makan dalam jumlah besar wortel tidak menempatkan Anda pada risiko dari vitamin A yang berlebihan karena tubuh Anda hanya mengubah beta karoten yang diperlukan. Namun, memiliki jumlah besar karoten dalam darah Anda dapat menyebabkan karotenemia, atau perubahan warna kekuningan pada kulit. Kondisi berbahaya biasanya paling jelas pada telapak tangan, telapak kaki dan telinga dan menghilang secara bertahap pada diet rendah-karoten.

Mengganggu Sistem Pencernaan

Wortel merupakan sumber yang baik dari serat makanan. Anda akan mendapatkan sekitar 4 gram dari secangkir cincang wortel mentah dan sekitar 5 gram dari secangkir irisan wortel dimasak. Namun jika anda mengkonsumsi sejumlah besar serat maka dapat menyebabkan mencret sampai sistem pencernaan Anda menyesuaikan dengan asupan serat yang lebih tinggi. Asupan tinggi serat larut juga dapat menyebabkan sembelit jika Anda tidak minum cukup cairan untuk membantu serat bergerak melalui saluran pencernaan Anda.

Efek Potensial

Makan terlalu banyak salah satu makanan sering menyiratkan diet terbatas, atau yang tidak termasuk makanan sehat lainnya. Wortel dapat membantu Anda mendapatkan banyak vitamin A, serat makanan, kalium, magnesium, dan vitamin C, B-6 dan K, tetapi mereka bukan sumber yang sangat baik dari kebanyakan nutrisi lainnya, termasuk kalsium dan zat besi.

Mereka juga rendah lemak, nutrisi yang penting untuk kemampuan tubuh Anda untuk menyerap dan menggunakan beta karoten serta vitamin A. Makan makanan yang bervariasi, satu di mana Anda makan berbagai makanan di moderasi adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda.

Pertimbangan

Meskipun Anda mungkin akan makan terlalu banyak wortel jika kulit Anda telah menguning atau Anda memiliki mencret, makanan lain dapat berkontribusi untuk kedua masalah ini. Diet kaya tomat, labu musim dingin atau ubi jalar dapat menyebabkan karotenemia, seperti makan gandum utuh, kacang kering dan buah kering sementara dapat melonggarkan bangku.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan kebanyakan wanita mengkonsumsi 2,5 sampai 3 cangkir sayuran sehari, dan kebanyakan pria untuk makan 3 sampai 4 cangkir sehari. Hanya butuh waktu enam bayi wortel untuk membuat satu porsi 1/2-cup.

Mungkin itulah informasi mengenai manfaat dan bahaya jus wortel bagi tubuh. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *